Kamis, 23 April 2009

PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF

Reproduksi Vegetatif adalah cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual (tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina). Reproduksi Vegetatif bisa terjadi secara alami maupun buatan.

Vegetatif Alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lain seperti manusia.

Pada tumbuhan

Pada hewan

Vegetatif Buatan

Vegetatif Buatan adalah reproduksi aseksual yang terjadi karena bantuan pihak lain seperti manusia.

Perbedaan Reproduksi Vegetatif dan Generatif

  • Pada reproduksi vegetatif hanya dibutuhkan satu induk. Sedangkan pada reproduksi generatif dibutuhkan dua induk (jantan dan betina).
  • Keturunan pada reproduksi vegetatif sama persis dengan induknya. Sedangkan pada reproduksi generatif belum tentu sama karena merupakan penggabungan kedua sifat induk.
  • Reproduksi vegetatif tanpa disertai adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina. Sedangkan pada reproduksi generatif disertai adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina.

Dalam rangka pengembangan perkebunan dengan cara konversi maupun penanaman baru, maka dibutuhkan bibit yang bermutu baik yang jumlahnya sangat banyak dan waktu penyiapan bibit yang relatif singkat.

Keberhsilan daklam usaha ini ditentukan oleh banyak faktor terutama keberhasilan pengadaan bibit yang baik.

Untuk dapat melaksanakan pengadaan pembibitan yang baik diperlukan pengetahuan dan ketrampilan yang khusus tentang cara pengelolaanya. Pada tanaman komoditi perkebunan dalam pengadaan bibit lazimnya dilakukan dengan cara vegetatif. Apabila pengadaan bibit dari benih atau perkembangbiakan genaratif maka akan terjadi segregasi pada keturunannya sehingga menyimpang dari sifat-sifat induknya. Pada perkembangbiakan genaratif walau induk merupakan bibit unggul tetapi dari keturunan induk tesebut belum tentu dapat dijamin tetap unggul. Bila perkembangbiakan dengan cara vegetatif, maka akan didapatka tanaman yang klonal dengan pertumbuhan yang seragam serta produksi yang yang tetap tinggi dan sifat unggul pada induk masih terbawa oleh bibit yang dihasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar