Senin, 20 April 2009

KONSERVASI TANAMAN

Konservasi atau conservation dapat diartikan sebagai suatu usaha pengelolaan yang dilakukan oleh manusia dalam memanfaatkan sumberdaya alam sehingga dapat menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya secara berkelanjutan untuk generasi manusia saat ini, serta tetap memelihara potensinya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan aspirasi-aspirasi generasi generasi yang akan datang.
Berdasarkan pengertian tersebut, konservasi mencakup berbagai aspek positif, yaitu perlindungan, pemeliharaan, pemanfaatan secara berkelanjutan, restorasi, dan penguatan lingkungan alam (IUCN, 1980). Pengertian tersebut juga menekankan bahwa konservasi tidak bertentangan dengan pemanfaatan aneka ragam varietas, jenis dan ekosistem untuk kepentingan manusia secara maksimal selama pemanfaatan tersebut dilakukan secara berkelanjutan.
Dalam praktek di lapangan, kerap kali masih ditemukan pengertian dan persepsi tentang konservasi yang keliru, yaitu seolah-olah konservasi melarang total pemanfataan sumberdaya alam. Berlandaskan pada pengertian tersebut masyarakat, khususnya penduduk setempat yang bermukim di sekitar kawasan konservasi, dilarang keras untuk dapat menikmati berbagai manfaat yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya. Penduduk dipisahkan dengan lingkungannya secara paksa, padahal mereka secara turun-temurun telah lama tinggal di wilayahnya.
Tujuan utama konservasi, menurut ”Strategi Konservasi Sedunia” (World Conservation Strategy), ada tiga, yaitu: (a) memelihara proses ekologi yang esensial dan sistem pendukung kehidupan, (b) mempertahankan keanekaan genetis , dan (c) menjamin pemanfaatan jenis (spesies) dan ekosistem secara berkelanjutan.

Upaya konservasi yang dilakukan secara berkesinambungan justru semakin banyak tanaman yang punah atau berada di ambang kepunahan, seharusnya dengan daftar tanaman yang terancam punah yang dimiliki, dengan upaya konservasi yang dilakukan secara berkesinambungan tanaman yang terancam punah semakin berkurang. Hal itu perlu diantisipasi dengan lebih mengintensifkan konservasi, dengan harapan mendapat dukungan dari semua pihak untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan keragaman tumbuh-tumbuhan, baik di darat maupun laut. Keragaman tanaman yang begitu besar tersebar di kepulauan dan perairan wilayah Indonesia itu perlu kepedulian dari semua pihak untuk dapat melestarikan dan menyelamatkan guna dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar